Recent Posts

Archive

Tags

Strategi Mengelola Keuangan Anda Mulai dari Nol!

Jika Anda sering mengalami kendala keuangan dan merasa tidak pernah cukup dengan gaji yang dimiliki, bisa jadi permasalahannya ada pada pengaturan keuangan. Apalagi jika Anda baru mulai bekerja, rasanya uang gaji bulanan hanya mampir di rekening dan kemudian hilang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.




Kebutuhan hidup sering kali naik turun, ada beberapa hal seperti kejadian darurat, biaya kuliah, dana kesehatan, atau bahkan sekadar perayaan ulang tahun keluarga yang dapat membuat Anda kehabisan uang. Lalu, bagaimana dengan rencana masa depan seperti liburan, rumah, mobil, dan biaya pernikahan Anda? Karena itu, pengaturan keuangan yang mumpuni diperlukan meskipun gaji Anda tidak banyak, agar rencana masa depan pun dapat tercapai. Berikut beberapa strategi mengelola keuangan yang dapat Anda lakukan mulai dari nol.



CATAT SETIAP PENGELUARAN

Jangan pernah meremehkan pengeluaran yang bersifat kecil, catat semua pengeluaran baik besar maupun kecil. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui dengan jelas pengeluaran yang mana saja yang bisa dipangkas di masa depan agar bisa berhemat. Hal-hal yang bersifat kecil sering kali diremehkan karena harganya yang tidak seberapa, padahal hal kecil tersebut dapat membuat Anda menjadi boros dan kurang hati-hati. Dengan pencatatan pengeluaran yang teliti, Anda dapat mengamati dan membatasi pengeluaran yang kurang bermanfaat.


RENCANAKAN BELANJA BULANAN

Setelah melakukan pencatatan, amati dan rencanakan anggaran belanja bulanan ke depan. Fokus ke apa yang Anda butuhkan, prioritaskan kebutuhan primer dan yang berguna di masa depan, yaitu biaya makan, transportasi, tagihan listrik, air, dan telepon. Jangan lupa membayar cicilan dan pinjaman.

Setelah seluruh kebutuhan utama tercatat, Anda bisa mulai merencanakan pembelanjaan lainnya. Jangan lupa untuk menyisakan minimal 10 persen untuk tabungan di masa depan.

RISET HARGA SEBELUM TRANSAKSI

Lakukan riset untuk harga yang lebih murah sebelum membelanjakan uang yang Anda miliki. Harga sebuah produk di sebuah toko bisa lebih murah atau bahkan lebih mahal dari toko lain, karena itu akan lebih baik jika Anda melakukan riset di internet tentang penawaran produk atau harga lebih rendah. Jika Anda menemukan harga yang lebih murah, jangan ragu untuk pindah ke toko yang menyediakan harga yang lebih murah.



KURANGI MAKAN DI LUAR

Cara terbaik untuk mengurangi anggaran makanan adalah dengan mengurangi kunjungan ke restoran. Sesekali makan di restoran dapat memberikan kepuasan untuk menikmati gaji. Namun, jika menjadi kebiasaan akan menghabiskan gaji yang dimiliki dengan cepat. Berbelanja bahan makanan dan memasaknya sendiri akan jauh lebih hemat dibandingkan selalu makan di luar.


Dengan 4 cara diatas, Anda dapat mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dan menabung untuk masa depan.



Image source :

http://www.flyingsolo.com.au/

https://www.brilio.net