Lakukan Beberapa Cara Berikut Ini untuk Menghindari Perilaku Konsumtif

August 25, 2017

 

Pola hidup konsumtif memang tidak bisa dilepaskan dari gaya hidup yang modern, serba praktis, dan tentu saja mobile. Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan canggih setiap harinya memudahkan berbagai kepentingan. Memang, gaya hidup konsumtif akan memberikan kepuasan dan kenikmatan bagi seseorang baik secara fisik ataupun psikologis. Namun ternyata, sering kali tidak disadari bahwa gaya hidup konsumtif memiliki dampak negatif terhadap keuangan seseorang.

 

Lantas, jika seseorang sudah terlanjur konsumtif, bagaimana cara mengatasinya? Tidak perlu khawatir, sebab selalu ada cara untuk bisa menghindari sikap konsumtif. Berikut  ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengubah perilaku konsumtif.

 

MENABUNG

Meskipun tampak sederhana, tapi ternyata tidak semua orang dapat menyisihkan uang untuk ditabung apalagi jika mereka memiliki gaya hidup yang konsumtif. Kebanyakan orang berdalih tidak bisa menabung karena gaji yang kecil.

 

Faktanya, hal tersebut tidaklah benar karena menabung tidak harus dalam jumlah yang banyak. Anda bisa menyisihkan uang dari pendapatan Anda sebesar 5% atau 10%. Jika kebiasaan ini dilakukan secara rutin, Anda akan memiliki dana cadangan yang bisa digunakan di masa mendatang saat ada kebutuhan mendadak.

 

MEMBUAT ANGGARAN

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk menghindari perilaku konsumtif adalah membuat anggaran belanja. Dalam konteks ini, perencanaan pengeluaran adalah fokus utama Anda. Kebutuhan bisa meliputi harian bahkan bulanan. Anda perlu membuat anggaran pengeluaran dalam pos-pos yang jelas. Pembuatan anggaran ini juga dapat membantu Anda menentukan target pengeluaran.

 

MEMPRIORITASKAN KEBUTUHAN

Perlu diingat bahwa kebutuhan tidaklah sama dengan keinginan. Secara sederhana, kebutuhan itu diperlukan, sementara keinginan bukanlah kebutuhan. Oleh karena itu, kebutuhan memiliki prioritas lebih tinggi. Jika Anda ingin menghindari perilaku konsumtif, mulailah untuk memprioritaskan kebutuhan. Jika kebutuhan Anda sudah terpenuhi, keinginan bisa dipenuhi apabila terdapat dana sisa.

 

MEMULAI INVESTASI

Investasi adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari perilaku konsumtif sekaligus merencanakan kehidupan pada masa mendatang. Sebab, investasi adalah penanaman modal pada suatu usaha atau barang tidak bergerak untuk mendapatkan keuntungan di masa depan. Ketika usia Anda tidak lagi produktif, investasi dapat menyelamatkan kehidupan saat masa tua.  

 

CERMAT DALAM MEMBELI BARANG

Belilah barang berdasarkan fungsi untuk menghindari perilaku konsumtif. Sebab, kebanyakan wanita lebih memilih membeli produk dengan harga mencapai ratusan juta rupiah, padahal memiliki fungsi yang sama. Perilaku tersebut adalah suatu pemborosan.

 

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari perilaku konsumtif. Jadi, mulai sekarang berusahalah untuk mengendalikan diri dari membeli barang yang tidak penting agar kondisi keuangan tetap stabil. 

 

 

Image source : http://www.coolawesome.com

Please reload

Recent Posts

Please reload

Archive

Please reload

Tags

Please reload