3 Alasan Mengapa Fintech Dapat Diandalkan Semua Kalangan

August 17, 2017

 

Walaupun menjadi topik perbincangan hangat akhir-akhir ini, masih banyak orang yang tidak mengetahui tentang Fintech (Financial Technology). Istilah Fintech sendiri mengacu pada aplikasi teknologi digital yang memberikan pelayanan keuangan kepada penggunanya, termasuk inovasi seperti blockchain, bitcoin, crowdfunding, dan pembayaran online.

 

Konsep Fintech sebenarnya sudah ada sejak pertengahan tahun 2000an, saat mulai digunakan internet sebagai media yang lebih mudah untuk mengakses data finansial di bank. Saat ini, perkembangan Fintech sudah menjangkau seluruh kalangan dan dapat memudahkan penggunanya dalam mendapatkan produk finansial.

 

Sejauh apakah Fintech berguna dalam kehidupan sehari-hari? Berikut 3 alasan mengapa Fintech dapat diandalkan semua kalangan.

 

1. KEMUDAHAN PELAYANAN FINANSIAL

Dengan adanya Fintech, proses layanan keuangan dapat dilakukan dengan lebih cepat, mudah, dan aman. Anda dapat melakukan proses layanan keuangan seperti pembayaran, pinjaman dana, pencarian modal, dan bahkan investasi saham. Tidak perlu lagi datang ke bank atau institusi keuangan hanya untuk mendapatkan layanan keuangan, Anda bisa mengakses layanan tersebut langsung dari atau komputer. Anda juga tidak perlu menyiapkan banyak dokumen untuk mendapatkan produk finansial, cukup menulis data pribadi dan finansial pada formulir di Anda.

 

2. MEMBERIKAN ALTERNATIF YANG LEBIH CEPAT UNTUK TRANSAKSI KEUANGAN

Dengan adanya Fintech, segala transaksi keuangan dapat dilakukan dengan praktis dan aman dari mana pun. Cukup menggunakan peralatan elektronik seperti atau laptop, Anda bisa melakukan segala transaksi keuangan. Dengan begitu, masyarakat yang sebelumnya kesulitan dalam menjangkau layanan keuangan seperti penjual sayuran atau pegawai pun bisa menggunakan Fintech. Hal ini akan berdampak pada daya beli masyarakat terhadap produk finansial, dan meningkatkan ekosistem keuangan di Indonesia.

 

3. MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN SEMUA KALANGAN

Selama ini, bank atau institusi konvensional hanya melayani kalangan masyarakat yang memiliki penghasilan menengah ke atas. Sementara masyarakat berpenghasilan rendah kesulitan mendapatkan layanan keuangan seperti kartu kredit atau pinjaman dengan bunga rendah. Hal ini dikarenakan adanya peraturan Bank Indonesia yang memberikan syarat untuk membatasi pembuatan kartu kredit dan pemberian pinjaman. Masyarakat yang ingin mendapatkan kartu kredit atau pinjaman harus memenuhi syarat yang ditentukan, seperti memiliki jaminan atau penghasilan tetap yang tinggi.

 

Kini berkat adanya Fintech, masyarakat berpenghasilan rendah dapat lebih gampang mengakses layanan keuangan seperti pinjaman bunga rendah. Fintech pun dapat menjangkau kalangan yang sebelumnya tidak bisa terjangkau berbagai layanan keuangan. Terlebih dengan hadirnya Asosiasi Fintech di Indonesia baru-baru ini, membuat sosialisasi dan penerapan Fintech ke berbagai kalangan semakin mudah.

 

Dengan adanya teknologi di bidang keuangan, maka perkembangan ekonomi Indonesia akan lebih cepat meningkat. Kemampuan Fintech untuk menjangkau semua kalangan dan memberikan kemudahan bertransaksi, menjadikan produk online ini sarana yang dapat diandalkan.

 

Image source : https://ymedialabs.com

Please reload

Recent Posts

Please reload

Archive

Please reload

Tags

Please reload