Pegawai Bergaji UMR Wajib Tahu Pengelolaan Keuangan dengan Prinsip 10 20 30 40

August 16, 2017

Untuk pegawai bergaji UMR, terkadang mengelola keuangan menjadi satu hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Banyaknya kebutuhan hidup serta tingginya harga-harga barang dan jasa membuat para pekerja bergaji UMR menjadi sulit untuk menyisihkan sebagian gajinya. Untuk memperoleh kesejahteraan hidup, pegawai bergaji UMR wajib tahu pengelolaan keuangan dengan prinsip 10 20 30 40.


PRINSIP PERTAMA: 10% DANA KEBAIKAN

Dengan gaji UMR yang Anda dapatkan, Anda wajib menyisihkan 10% untuk uang kebaikan. Uang kebaikan adalah uang yang ditujukan untuk hal-hal yang sifatnya untuk sosial, menolong orang lain, atau untuk bersedekah. Uang kebaikan ini bisa Anda alokasikan untuk beragam hal, misalnya menyantuni tetangga yang membutuhkan, sumbangan ke panti asuhan, dan beragam hal bermanfaat lainnya.

 

PRINSIP KEDUA: 20% DANA DARURAT

Dana darurat adalah uang yang sengaja disisihkan untuk kebutuhan darurat, misalnya untuk biaya kesehatan, asuransi kesehatan, asuransi jiwa. Jika memungkinkan, Anda bisa mengambil sebagian dari 20% dana darurat ini untuk dana investasi. Anda bisa berinvestasi dengan beragam cara, misalnya menabungkan uang ke bank atau dengan membeli emas.

 

PRINSIP KETIGA: 30% DANA CICILAN

Jika Anda memiliki pinjaman, Anda bisa mengalokasikan 30% dari total gaji untuk membayar cicilan pelunasan pinjaman tersebut. Namun, jika Anda tak memiliki cicilan apa pun, Anda boleh menggunakan dana ini untuk dana investasi atau dana cadangan per bulan.

 

PRINSIP KEEMPAT: 40% DANA KEBUTUHAN HIDUP

Kebutuhan hidup atau kebutuhan sehari-hari memerlukan biaya yang cukup besar. Maka, alokasikan 40% dari total gaji Anda untuk dana kebutuhan hidup. Dengan 40% dari uang gaji, Anda harus bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari, misalnya dana konsumsi bulanan, uang sewa

 

 

Jika Prinsip di Atas Tidak Bisa Diterapkan, Lakukan Cara Ini

Jika ternyata angka-angka tersebut tak bisa diterapkan atau kurang cocok jika diterapkan, maka ubah rencana Anda. Misalnya saja Anda tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup hanya dengan 40% dari uang gai UMR. Lalu, apa solusinya?

 

1. CARI PENGHASILAN TAMBAHAN

Jika dengan gaji UMR saja ternyata kebutuhan sehari-hari Anda masih belum tercukupi, maka Anda perlu mencari penghasilan tambahan. Silakan cari penghasilan tambahan sesuai dengan kemampuan Anda.

 

2. BEDAKAN KEINGINAN DENGAN KEBUTUHAN

Dalam membelanjakan uang gaji, sebaiknya Anda melakukan pemilahan. Bedakan antara hal yang Anda inginkan dan Anda butuhkan. Beli atau keluarkan uang hanya untuk barang atau sesuatu yang memang Anda butuhkan.

 

Mengelola keuangan memang tidak mudah. Namun, Anda perlu belajar tentang mengelola gaji UMR agar kesejahteraan bisa didapat. Angka pada prinsip 10 20 30 40 di atas tidaklah mutlak. Anda bisa mengubah sedikit angka-angka di atas agar sesuai dengan kebutuhan Anda. Angka-angka di atas hanyalah sebuah acuan.

 

Image source : https://www.wiseradvisor.com

Please reload

Recent Posts

Please reload

Archive

Please reload

Tags

Please reload