Berikut Tips Keuangan untuk Anda yang Berusia 20 Tahun

August 12, 2017

 Pada zaman globalisasi sekarang ini, semua bisnis memang terbuka lebar. Selain itu, ada banyak jenis pekerjaan yang bisa digeluti oleh kaum muda yang baru saja menginjak usia 20-an. Perencanaan dana tentunya menjadi suatu prioritas bagi setiap orang. Namun faktanya, tidak semua anak muda berusia 20-an menempatkan finansial sebagai prioritas.

 

 

Hal yang perlu diingat bahwa berusia muda bukan berarti belum diharuskan mengelola finansial dengan matang. Sebaliknya, mengatur uang yang dimiliki saat berusia 20 tahun akan membuat masa depan Anda lebih terjamin. Lantas, bagaimana cara mengatur finansial untuk usia 20 tahun? Ini dia tipsnya.

 

MENABUNG

Tidak banyak orang berusia muda berpikir menabung untuk masa mendatang. Terlebih, bagi mereka yang memiliki penghasilan rendah. Meskipun demikian, menabung untuk masa mendatang sangat penting dilakukan sedini mungkin selagi Anda masih belum memiliki banyak tanggungan. Tidak harus menyisihkan uang terlalu banyak karena tujuan utamanya adalah menabung beberapa persen dari pendapatan.  

 

MEMASTIKAN PENGELUARAN SESUAI DENGAN ANGGARAN

Orang-orang berusia 20-an biasanya baru mulai bekerja dan pertama kali menerima gaji. Jadi, sangat wajar jika mereka tergiur untuk membelanjakan penghasilan untuk membeli barang-barang yang sejak lama diimpikan. Meskipun demikian, Anda harus tetap mengontrol diri dan tidak menghabiskan terlalu banyak uang. Sebaliknya, berhematlah sejak usia muda agar kebiasaan tersebut terbawa sampai usia dewasa.

 

Kebanyakan orang di usia 20-an tidak terlalu memikirkan asuransi, padahal hal ini sangatlah penting. Jika Anda memiliki penghasilan yang cukup, tidak ada salahnya untuk ikut asuransi yang disesuaikan dengan kebutuhan ataupun prioritas.

 

MENENTUKAN TARGET UNTUK MASA DEPAN

Target saja tidaklah cukup karena Anda harus bisa mencapainya. Tulislah di sebuah kertas ataupun media lain dan tempatkan di tempat yang mudah dilihat untuk mengingatkan dan memotivasi Anda.

 

BERINVESTASI
Kalau Anda berani membeli ponsel dengan harga selangit, kenapa harus berpikir berkali-kali mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu yang lebih bermanfaat? Investasi adalah salah satu tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesejahteraan finansial.  
 

FOKUS PADA MENINGKATKAN PENDAPATAN, BUKAN HANYA GAYA HIDUP

Mereka yang masih berusia 20-an biasanya cenderung akan mengikuti tren dan gaya terkini. Tanpa disadari, mereka sering kali menghamburkan uang yang dimiliki. Sebenarnya, sah-sah saja mengikuti gaya hidup terbaru, tapi bukan berarti harus menghamburkan seluruh uang Anda. Sebab, gaya hidup adalah kesenangan sesaat sehingga Anda harus mengontrol diri agar tidak menyesal di kemudian hari.  

 

Itu dia beberapa tips keuangan untuk Anda yang berusia 20-an. Cukup sederhana, bukan? Yuk, mulai sekarang kelola finansial Anda dengan baik demi masa depan yang lebih sejahtera.

 

Image Source: http://www.genmuda.com

Please reload

Recent Posts

Please reload

Archive

Please reload

Tags

Please reload