Recent Posts

Archive

Tags

Karyawan Happy : Produktivitas Meningkat, Performa Perusahaan Meningkat


Apa saja sebenarnya pertimbangan seseorang ketika memilih bekerja di sebuah perusahaan? Alasan umum selain kesesuaian kompetensi yang dimiliki dengan job description, sudah pasti adalah tawaran gaji. Namun, gaji saja tidak cukup.


Banyak pekerja yang juga detail menimbang kualitas tunjangan atau benefit yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Misalnya, asuransi kesehatan, tunjangan transportasi, anggaran makan siang, tunjangan dinas ke luar daerah, tunjangan pensiun, tunjangan kelahiran anak, fasilitas pinjaman dari perusahaan, dan lain sebagainya.


Bagi perusahaan sendiri, penyediaan akses pinjaman untuk karyawan memiliki beberapa manfaat. Di antaranya:

  • Meningkatkan daya tarik perusahaan

Penyediaan fasilitas berupa akses pinjaman modal ataupun pinjaman untuk karyawan, akan dengan mudah menaikkan pamor perusahaan tersebut. Semakin lengkap tunjangan atau keuntungan di luar gaji yang diberikan, semakin menarik pula perusahaan tersebut untuk dipilih sebagai tempat kerja favorit.


  • Mengikat loyalitas karyawan

Keberadaan fasilitas pinjaman karyawan yang bisa diakses dengan mudah besar kemungkinan akan meningkatkan loyalitas karyawan di perusahaan tersebut. Sebab mereka akan merasa terbantu dari sisi pengelolaan finansial dengan ketersediaan akses pinjaman yang mudah. Di sisi lain, penentuan jangka waktu pinjaman yang dalam periode tertentu juga otomatis mengikat karyawan agar tidak begitu saja melompat ke perusahaan lain. Loyalitas karyawan pun bisa terjaga lebih stabil.


  • Biaya pengelolaan karyawan lebih efisien

Karyawan yang terikat pinjaman dengan si pemberi kerja atau perusahaan, praktis tidak akan mudah berpindah kerja begitu saja. Ini bisa menjadi kabar baik bagi biaya pengelolaan sumber daya manusia di perusahaan. Karena ketika tingkat turnover karyawan rendah, perusahaan akan tidak terbebani biaya rekrutmen yang cukup mahal. Sehingga perusahaan bisa mengalihkan biaya untuk keperluan lain yang lebih mendesak.


  • Meningkatkan produktivitas karyawan

Seorang karyawan yang tercukupi kebutuhannya, niscaya akan lebih fokus bekerja dan memberikan kontribusi maksimal bagi perusahaan. Selain gaji dan tunjangan kesehatan, keberadaan fasilitas pinjaman yang bisa diakses mudah oleh karyawan untuk berbagai keperluan, akan membantunya untuk lebih produktif. Terlebih bila pinjaman yang diberikan berkaitan langsung dengan produktivitas kerja. Misalnya, pinjaman pembelian laptop bagi pekerja media, pinjaman cicilan smartphone bagi pekerja transportasi online, dan lain sebagainya.



TANTANGAN TIDAK MUDAH

Akan tetapi, walau diakui akan banyak memberikan banyak keuntungan, nyatanya tidak semua perusahaan mau dan mampu memberikan berbagai macam tunjangan penting tersebut, terutama akses pinjaman untuk karyawan. Penyebab terbesar antara lain, banyak perusahaan yang merasa kesulitan membangun sistem kontrol yang bagus bila memberikan pinjaman kepada para karyawan mereka.


Selain itu, menyalurkan pinjaman, walaupun pada karyawan sendiri yang notabene profilnya sudah dikenal, bukan berarti tanpa risiko. Risiko kredit macet atau default akan selalu ada, kendati skema pengembalian pinjaman dilakukan langsung melalui pemotongan gaji bulanan.


Sedang di sisi lain, membangun sistem kontrol yang baik sekaligus meminimalisasi risiko finansial perusahaan akibat fasilitas pinjaman karyawan, bukanlah pekerjaan yang mudah dan murah. Perusahaan mau tidak mau harus membangun sistem sendiri, membutuhkan tenaga pengurus sendiri, dan lain-lain. Inilah mengapa tidak semua perusahaan menyediakan tunjangan berupa akses pinjaman yang menarik.



PERTIMBANGKAN SOLUSI DARI FINTECH

Kemajuan teknologi telah mendorong kelahiran banyak platform yang memberi manfaat. Kesulitan perusahaan dalam menyediakan fitur tunjangan mereka berupa akses pinjaman pada karyawan dapat dengan mudah dijembatani oleh solusi yang ditawarkan oleh pelaku teknologi finansial.


Perusahaan yang tidak memiliki cukup waktu dan energi untuk membangun sistem akses pinjaman pada karyawan mereka, bisa menggandeng financial technology atau fintech seperti Awan Tunai, yang menyediakan berbagai layanan pembiayaan untuk semua lapisan masyarakat.


Salah satu yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan dalam kerja sama business to business dengan Awan Tunai adalah layanan kemitraan. Melalui layanan kemitraan, sebuah perusahaan bisa menggandeng Awan Tunai untuk penyediaan pinjaman bagi karyawan mereka. Pinjaman itu bisa berupa pinjaman modal untuk kebutuhan produktif karyawan, baik berupa dana tunai untuk modal usaha atau berupa pinjaman pembelian barang untuk modal kerja. Misalnya, seperti cicilan ponsel untuk modal berjualan online.


Sejauh ini Awan Tunai telah bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar, seperti Blue Bird. Kerja sama ini berupa penyediaan fasilitas cicilan ponsel pintar yang disediakan oleh Awan Tunai bagi karyawan atau pengemudi Blue Bird. Kemudahan memiliki ponsel pintar diharapkan bisa membantu para pengemudi Blue Bird agar lebih produktif menjaring pelanggan, melalui aplikasi transportasi online sepert Go-Car maupun aplikasi Blue Bird. Dengan begitu, produktivitas pun meningkat. Pada akhirnya, perusahaan yang akan diuntungkan karena peningkatan produktivitas tersebut.


Kerja sama B2B berupa penyediaan pinjaman karyawan ini dapat menguntungkan semua pihak. Bagi fintech penyedia pinjaman, kerja sama seperti ini memungkinkannya untuk memberikan pinjaman dengan harga atau bunga lebih murah.


Akses data pada calon peminjam atau debitur yang diperoleh fintech dari si perusahaan, akan memangkas biaya analisis kredit dan menurunkan premi risiko pinjaman. Terlebih bila skema pengembalian pinjaman diberlakukan melalui potong gaji di rekening payroll.


Nah, karena proses analisis kredit bisa berjalan lebih cepat dan disokong data yang disediakan oleh perusahaan, fintech pun dapat memberikan tawaran bunga pinjaman lebih murah bagi karyawan perusahaan tersebut.


Bunga pinjaman yang murah dan pilihan cara bayar yang fleksibel adalah keuntungan bagi si karyawan selaku peminjam. Kenyamanan bekerja si karyawan pun kian meningkat. Alhasil, perusahaan akan banyak diuntungkan melalui kerja sama seperti ini. Loyalitas karyawan meningkat melalui tunjangan pinjaman tanpa perlu perusahaan membangun sistem pinjaman sendiri.


Tertarik bekerja sama dengan Awan Tunai? Menilik banyak sekali keuntungan pinjaman karyawan, sebagai pengurus perusahaan, ada baiknya Anda sigap menimbang penawaran kerja sama ini.